Alt/Text Gambar

Kamis, 29 Maret 2012

0 Sepuluh Cara Yang Bisa Kita Lakukan Untuk Mendukung Gerakan Earth Hour

Date: Kamis, 29 Maret 2012 06.49
Category:
Author: Faisal Amirul Mukminin
Share:
Responds: 0 Comment
Setiap tahun di hari Sabtu, minggu terakhir, bulan Maret, jutaan manusia di seluruh dunia akan mematikan lampu mereka selama satu jam untuk menunjukkan kepedulian terhadap dampak perubahan iklim yang sedang terjadi di Bumi. Aksi ini juga cara untuk mengirimkan seruan kepada para pemimpin Negara kita untuk segera mengambil tindakan.
Beberapa ide yang bisa kamu lakukan untuk mendukung aksi EARTH HOUR:
1. Matikan lampu, komputer, televisi, video game, dan pemutar CD. Nyalakan beberapa lilin. Gunakan waktu tersebut untuk menceritakan hal-hal lucu tentang anak-anak Anda ketika baru lahir, tentang bagaimana orang tua awalnya berkenalan, atau mungkin tentang kakek nenek mereka. Bisa juga dengarkan anak-anak Anda bercerita mengenai pengalaman mereka atau bagaimana mimpi mereka untuk mengubah dunia jika mereka bisa.
2. Ajak anak-anak untuk membuat makan malam menggunakan bahan-bahan yang bukan hasil impor atau bahkan bahan organik. Makan malam keluarga dengan menggunakan cahaya lilin akan membuat malam terasa spesial. Kesempatan ini bisa digunakan untuk membicarakan lingkungan dan hal yang bisa kita lakukan menyelamatkan planet kita.
3. Ijinkan anak-anak Anda untuk menyelenggarakan pesta “tanpa lampu” bersama teman-teman mereka sambil makan pisang goreng, rujak atau makanan lokal lainnya dengan ditemani cahaya lilin atau senter.
4. Undang para tetangga untuk pesta “tanpa lampu” dan sajikan makanan dan minuman lokal dan tanpa menggunakan kantong plastik & styrofoam
5. Mainkan permainan tebak-tebakan, kartu, atau ular tangga bersama keluarga sambil ditemani cahaya lilin.
6. Biarkan anak-anak Anda melakukan penelitian sebelumnya mengenai apa yang dilakukan keluarga pada “masa lampau” sebelum adanya listrik. Apakah akan seperti Laura Ingalls dalam “Little House in the Prairie” atau Abraham Lincoln dalam kabin kayu? Bagaimana keluarga pada masa itu bersenang-senang di malam hari?
7. Berkemah di halaman rumah dengan kantong tidur ditemani cahaya lilin atau api unggun. Buat minuman teh atau susu coklat panas beserta jagung bakar.
8. Bermain tebak-tebakan bayangan senter atau berbagi cerita seram.
9. Pergi keluar rumah atau naik ke atas loteng untuk melihat langit dan bintang.
10. Ambil foto, video, atau tulis cerita Anda tentang bagaimana keluarga Anda menghabiskan waktu pada Earth Hour dan jadikan foto dan video keluarga anda sebagai inspirasi orang lain dengan mengirimkannya ke halaman social media Earth Hour
DAN, jangan lupa untuk mengajak teman-teman, guru, dan kerabat untuk berpartisipasi mematikan lampu dan alat elektronik yang tidak sedang dipakai di rumah di hari Sabtu, tanggal 31 Maret, selama 1 jam, mulai jam 20.30-21.30. Tentu saja sambil berkreasi membuat aktivitas seru.
Earth Hour Social Media
Foto : www.flickr.com/photos/earthhour2011indo/
Video : www.youtube.com/user/EarthHour2011Indo
Facebook fanpage : http://www.facebook.com/EHIndonesia
Twitter : follow http://twitter.com/EHIndonesia atau @EHIndonesia dengan hashtag #earthhour dan #iniaksiku
Blog : www.wwf.or.id/earthhour/blog

Artikel Terkait :



Posting Komentar