Api menjalar dari sebuah kapal
Jerit ketakutan keras melebihi
Gemuruh gelombang yang datang
Jerit ketakutan keras melebihi
Gemuruh gelombang yang datang
Sejuta lumba-lumba mengawasi cemas
Risau camar membawa kabar Tampomas terbakar
Risau camar memberi saran Tampomas Dua tenggelam
Risau camar membawa kabar Tampomas terbakar
Risau camar memberi saran Tampomas Dua tenggelam
Syair di atas merupakan penggalan lagu dari Iwan Fals yang berjudul Celoteh Camar Tolol dan Cemar dari album Sumbang menggambarkan
tragedi tenggelamnya kapal motor penumpang KMP Tampomas II milik PT.
PELNI yang cukup tragis di sekitar kepulauan Masalembo (114°25′60″BT —
5°30′0″LS) Laut Jawa (termasuk ke dalam wilayah administratif provinsi
Jawa Timur). KM Tampomas II terbakar di laut dan karam pada tanggal 27
Januari 1981, merenggut ratusan nyawa penumpangnya.
KM
Tampomas II milik Pelni ini baru melakukan pelayaran perdananya pada
bulan Mei 1980. Tapi bukan berarti ini kapal baru. KM Tampomas II dengan
bobot mati 2420 ton dan mampu mengangkut penumpang 1250 sampai 1500
orang ini adalah kapal bekas yang dibeli oleh PT. PANN (Pengembangan
Armada Niaga Nasional, BUMN) dari Komodo Marine Jepang. Dan PT. Pelni
membeli secara mengangsur selama sepuluh tahun kepada PT. PANN. Kapal
ini sebelumnya bernama MV. Great Emerald dibuat di Jepang tahun 1956 dan
dimodifikasi tahun 1971. Dibeli dengan harga 8.3 juta dollar AS, yang
menurut beberapa pihak terlalu mahal untuk sebuah kapal bekas yang sudah
berusia sepuluh tahun. Begitu dioperasikan, kapal penumpang ini
langsung digeber abis untuk melayani jalur Jakarta-Padang dan
Jakarta-Ujung Pandang yang memang padat. Setiap selesai pelayaran,
kabarnya kapal ini hanya diberi waktu istirahat 4 jam saja dan harus
siap untuk pelayaran berikutnya. Perbaikan dan perawatan rutin terhadap
mesin dan perlengkapan kapal pun cuma bisa dilaksanakan sekedarnya,
padahal mengingat usianya kapal ini butuh perawatan yang jauh lebih
cermat.
Tampomas II berlayar dari pelabuhan
Tanjung Priok Jakarta hari Sabtu. 24 Januari 2008 pukul 19.00 menuju
Sulawesi dengan membawa 191 kendaraan roda empat, sekitar 200-an sepeda
motor dan 1054 penumpang terdaftar serta 82 kru kapal. Perkiraan
mengatakan total manusia di kapal tersebut adalah 1442 orang (perkiraan tambahan penumpang gelap).
Bahkan koki kapal yang selamat mengaku diperintahkan atasannya agar
memasak untuk 2000 orang. Dalam kondisi badai laut di malam hari tanggal
25 Januari, beberapa bagian mesin mengalami kebocoran bahan bakar,
diduga percikan api timbul dari puntung rokok yang melalui kipas
ventilasi yang menjadi penyebab kebakaran. Para kru melihat dan gagal
memadamkannya dengan tabung pemadam kebakaran portable. Api menjalar ke
dek lain yang berisi muatan yang mudah terbakar, asap menjalar melalui
jalur ventilasi dan tidak berhasil ditutup. Api semakin menjalar ke
kompartemen mesin karena pintu dek terbuka. Selama dua jam tenaga utama
mati, generator darurat pun gagal dan usaha memadamkan api seterusnya
sudah tidak mungkin.
Tiga puluh menit setelah api muncul para
penumpang diperintahkan untuk segera menaiki sekoci, hal ini pun sangat
lambat sebab hanya satu jalan bagi penumpang untuk diturunkan ke
sekoci. Sebagian penumpang terjun bebas ke laut menghindari kobaran api,
sebagian lagi menunggu di dek dan panik menunggu pertolongan
selanjutnya. Syahbandar pelabuhan Ujung Pandang mendapat berita dari KM
Wayabula meneruskan informasi dari KM Sangihe yang tengah melakukan
evakuasi bahwa Tampomas II terbakar di kepulauan Masalembo sekitar 220
mil dari Ujung Pandang. Ombak besar setinggi 7 – 10 meter dan angin
kencang 10 – 15 knot menyulitkan penyelamatan sehingga KM Sangihe hanya
dapat memindahkan 149 penumpang Tampomas II ke kapalnya. Saat kapal
sudah mulai miring, Capt. Abdul Rivai (Nahkoda Kapal)
masih tampak sibuk membagikan pelampung ke para penumpang yang tidak
berani terjun ke laut. Bahkan di detik2 terakhir saat kapal mulai
tenggelam, Capt. Abdul Rivai masih terlihat berada di anjungan kapal sambil berpegangan pada kusen jendela.
Tampomas 2 miring dan perlahan tenggelam
Di tanggal 26 Januari Laut Jawa
mengalami hujan deras, api menjalar ke ruang mesin di mana terdapat
ruang bahan bakar yang tidak terisolasi. Pagi hari 27 Januari terjadi
ledakan dan membuat air laut masuk ke ruang mesin (ruang propeler dan
ruang generator terisi air laut), yang membuat kapal menjadi miring 45°
dan tenggelam 30 jam sejak percikan api pertama menjalar.
Kapal-kapal lain yang berada di sekitar
lokasi, KM Sangihe, KM Adiguna Kurnia, KM Istana VI, KM Ilmamui, KM
Niaga XXIX, dan beberapa kapal lain berusaha semampunya untuk
menyelamatkan penumpang Tampomas II yang terapung-apung di laut setelah
melompat dari kapal.
Sampai tanggal 29 Januari tim SaR gagal
melakukan pencarian karena besarnya badai laut, dan 5 hari kemudian 80
orang yang selamat dalam sekoci ditemukan 150Km dari lokasi kejadian
karamnya Tampomas. Estimasi tim menyebutkan 431 tewas (143 ditemukan
mayatnya dan 288 hilang/karam bersama kapal) dan 753 berhasil
diselamatkan. Sumber lain (pemerintah?) menyebutkan 666 tewas.
Berbagai cerita tragis dari penumpang
yang selamat pun dituturkan. Ada seorang ibu yang terjun ke laut dengan
anaknya yang masih bayi. Ketika tahu bayinya tak bernyawa lagi, ia pun
tidak berusaha mengapung lagi membiarkan dirinya tenggelam. Tapi ketika
ingat anaknya yang lebih besar masih hidup, ia tersadar dan berusaha
tetap hidup. Lantai geladak luar kapal yang hanya terbuat dari plat baja
tanpa pelapis kayu juga banyak memakan korban. Banyak penumpang panik
yang tidak memakai alas kaki menjadi korban plat panas yang sedang
terbakar itu. Proses penyelamatan yang lambat dan berlangsung selama 37
jam hingga kapal tenggelam membuat penumpang yang bertahan di geladak
kapal harus bertahan tanpa makanan dan minuman. Dropping makanan dari
udara tidak semuanya tepat pada lokasi penumpang.
Penumpang yang sempat menaiki sekoci
penyelamat ternyata juga harus menjalani penderitaan. Selama 5 hari
mereka terapung-apung di lautan di atas sekoci bersama sekitar 80-100
orang lainnya tanpa makanan. Sekoci yang kelebihan muatan itu bahkan
sempat terbalik. Ketika berhasil dikembalikan ke posisi semula hanya
tersisa 70 orang. Pada hari kelima barulah mereka menemukan daratan
yaitu pulau Doang-doangan Sulawesi Selatan. Sesampai di darat 2 orang
menghembuskan nafas terakhir.
Tak ada pejabat yang bertanggung jawab,
semuanya berujung dengan kesalahan awak kapal. Hasil
penyidikan Kejaksaan Agung yang menugaskan Bob Rusli Efendi
Nasution sebagai Kepala Tim Perkara pun tidak ada tuntutan kepada
pejabat yang saat itu memerintah. Skandal ini kemudian ditutup-tutupi
oleh pemerintahan Suharto, kendati banyak tuntutan pengusutan dari
sebagian anggota parlemen. Dalam suatu acara dengar pendapat yang
diadakan oleh DPR-RI tentang kasus ini, Menteri Perhubungan menolak
permintaan para wakil rakyat untuk menunjukkan laporan Bank Dunia yang
merinci pembelian kapal bekas seharga US$8.5juta itu. Makelar kapal
Tampomas II — Gregorius Hendra yang mengatur kontrak pembelian antara
Jepang dan pemerintah Indonesia itu juga lepas dari tuntutan Kejaksaan
Agung.
Semoga saja kejadian seperti ini tidak
terjadi lagi dan seluruh rakyat Indonesia dapat berpergian tanpa
kekhawatiran timbulnya musibah yang dapat merenggut nyawa mereka-mereka
yang tidak tahu apa-apa.
Costa Concordia dan Tampomas II, Antara Kepengecutan dan Kepahlawanan
Costa Concordia dan Titanic
Ketika berita karamnya Kapal Costa
Concordia menjadi headline di media cetak lengkap dengan fotonya,
seketika ingatan kita tertumbuk kembali pada tragedi kapal Titanic pada
tahun 1912. Foto pada headline berita begitu mirip dengan gambaran
tragedi Titanic pada film Titanic.
Costa Concordia dan Titanic
Kisah Mengharukan
Kemudian ketika diberitakan adanya kisah
mengharukan ketika karamnya kapal Concordia, lagi-lagi ingatan kita
kembali tertaut pada kisah cinta pada film Titanic tersebut. Meskipun
film Titanic hanya sebuah fiksi, tapi saya yakin kisah yang mengharukan
pasti terjadi diantara kepanikan, kepasrahan maupun perjuangan
menghadapi maut kala itu.
Salah satu kisah yang mengharukan
dialami oleh Nicole Servel, 60. Kisahnya dalam drama penyelamatan
tersebut hampir mirip dengan pengorbanan Jack Dawson demi menyelamatkan
Rose DeWitt Bukater dalam film Titanic. Dia mengisahkan suaminya
berkorban nyawa demi menyelamatkan dirinya. Suaminya, Francis,
memberikan satu-satunya jaket penyelamat kepada servel sebelum kapal itu
karam. “Suami saya menyuruh ‘Lompat, lompat!’, dan menambahkan ‘Jangan
cemas, aku akan baik-baik saja’ pada saya,” tutur Nicole. Naas, suaminya
tidak pernah terlihat lagi semenjak itu.
Liburan yang seharusnya menyenangkan
hadiah dari anak-anak mereka harus berakhir menyedihkan hilangnya
Francis. Dia termasuk dalam 29 orang hilang yang masih terus dicari oleh
tim penyelamat di kapal Concordia dekat pulau Giglio Italia.
Costa Concordia vs Tampomas II (Kapten Francesco Schettino vs Kapten Abdul Rivai)
Tapi ketika muncul berita tentang kapten
kapal Concordia yang berjiwa pengecut, justru saya teringat akan cerita
yang sebaliknya, yaitu ketika tenggelamnya kapal Tampomas II, yang
melahirkan sosok pahlawan Kapten Abdul Rivai.
Francesco Schettino
sebagai kapten Costa Concordia telah bertindak ceroboh, bahkan boleh
dibilang pengecut. Hal yang tidak selayaknya disandang oleh seorang
kapten kapal, yang semestinya bertanggung jawab penuh terhadap
keselamatan kapal dan penumpangnya. Beberapa kesalahannya sebagaimana
dilansir beberapa media :
- Sebagaimana kesaksian Monique Maurek (41) salah seorang penumpang, ia terlihat minum-minum di bar dan bermesaraan dengan seorang wanita tak lama sebelum kecelakaan terjadi.
- Ia menambahkan, tidak ada peringatan atau arahan mengenai evakuasi ketika kecelakaan bermula.
- Kapten kapal Costa Francesco Schettino terlihat terburu-buru meninggalkan kapal sesaat sebelum kapal itu karam. Schettino bahkan juga diduga mengabaikan keselamatan ribuan penumpang saat kapalnya keceakaan, termasuk mayoritas anak-anak dan perempuan.
- Schettino bahkan mengabaikan perintah ketika polisi meminta sang kapten ke kapalnya untuk tetap bertugas menyelamatkan para penumpang hingga proses evakuasi selesai. Apalagi, mayorits perempuan dan anak-anak belum dievakuasi dari kapal.
Ulah kapten Costa Concordia ini sangat
bertolak belakang dengan sikap kepahlawanan yang telah ditunjukkan oleh
nahkoda kapal Tampomas II Kapten Abdul Rivai. Berikut kisah-kisah heroik sang kapten tersebut:
- Dalam keterbatasannya, dialah yang paling sibuk menyelamatkan penumpang lain tanpa memikirkan keselamatan dirinya sendiri, saat ABK lain malah menyelamatkan diri pada saat-saat awal.
- Saat kapal sudah mulai miring, Kapten Abdul Rivai masih tampak sibuk membagikan pelampung ke para penumpang yang tidak berani terjun ke laut.
- Bahkan pada detik-detik terakhir saat kapal mulai tenggelam, Kapten Abdul Rivai masih terlihat di anjungan kapal sambil berpegangan pada kusen jendela. Benar-benar seorang kapten kapal yang memegang teguh janjinya untuk menjadi orang terakhir yang meninggalkan kapal saat terjadi bencana.
- Namun malangnya, jenazah Kapten Abdul Rivai sempat dikuburkan sebagai orang tak dikenal. Untunglah dari tim penyelamat ada yang teringat akan cincin bertuliskan nama Hasanah, istri Kapten Abdul Rivai, yang dikenakan salah satu jenazah tak dikenal. Jasad Kapten Abdul Rivai akhirnya dimakamkan kembali di taman makam pahlawan Kalibata Jakarta.
Untuk memberikan gambaran visual tentang
saat-saat tragedi dua kapal tersebut, berikut saya tampilkan foto-foto
karamnya kapal Costa Concordia:
Foto karamnya kapal Costa Concordia
Bandingkan dengan foto hitam putih
tragedi tenggelamnya kapal Tampomas II. Foto hitam putih ini tentunya
sekaligus menggambarkan tingkat kesulitan yang dihadapi Kapten Abdul Rivai jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Kapten Schettino, karena teknologi yang tidak secanggih sekarang.
Foto hitam putih tragedi tenggelamnya kapal Tampomas II
Dan sekarang kita bandingkan foto kedua kapten tersebut:
Foto Kapten Schettino dan Foto Kapten Abdul Rivai
Penghargaan untuk Kapten Abdul Rivai
Pengorbanan heroik
Kapten Abdul Rivai ini memberikan inspirasi kepada penyanyi dan penulis
lagu terkenal Ebiet G. Ade untuk menulis sebuah lagu yang didedikasikan
kepada sang Kapten. Dikemas dalam album kelima Ebiet G. Ade
yang diluncurkan di tahun 1982 bertajuk “Langkah Berikutnya”. Lagu itu
berjudul “Sebuah Tragedi 1981″.
Album Ebiet G. Ade
Lirik Lagu Ebiet G. Ade ”Sebuah Tragedi 1981″ :
Dia nampak tegah berdiri, gagah perkasa
Berteriak tegas dan lantang, ia nakhoda
Sebentar gelap hendak turun
Asap tebal rapat mengurung
Jeritan yang panjang, rintihan yang dalam,
derak yang terbakar, dia tak diam
du du du du du du du du du du du du
Berteriak tegas dan lantang, ia nakhoda
Sebentar gelap hendak turun
Asap tebal rapat mengurung
Jeritan yang panjang, rintihan yang dalam,
derak yang terbakar, dia tak diam
du du du du du du du du du du du du
Dia nampak sigap bergerak di balik api
Seperti ada yang berbisik, ia tersenyum
Bila bersandar kepadaNya
terasa ada tangan yang terulur
Bibirnya yang kering serentak membasah
Tangannya yang jantan tak kenal diam
Seperti ada yang berbisik, ia tersenyum
Bila bersandar kepadaNya
terasa ada tangan yang terulur
Bibirnya yang kering serentak membasah
Tangannya yang jantan tak kenal diam
Bertanya kepadaNya, “Mesti apalagi?”
Semua telah dikerjakan tak ada yang tertinggal
Geladak makin terbenam, ho harapan belum pudar
Masih ada yang ditunggu mukjizat dariNya
Atau bila segalanya harus selesai
Pasrah terserah kepadaNya
Semua telah dikerjakan tak ada yang tertinggal
Geladak makin terbenam, ho harapan belum pudar
Masih ada yang ditunggu mukjizat dariNya
Atau bila segalanya harus selesai
Pasrah terserah kepadaNya
Dia nampak duduk terpekur tengah berdoa
Ia hadirkan semua putranya, ia pamitan
Tanggung jawab yang ia junjung dan rasa kemanusiaan
ia telah bersumpah selamatkan semua
ia rela berkorban jiwa dan raga
du du du du du du du du du du du du
Ia hadirkan semua putranya, ia pamitan
Tanggung jawab yang ia junjung dan rasa kemanusiaan
ia telah bersumpah selamatkan semua
ia rela berkorban jiwa dan raga
du du du du du du du du du du du du
Di tengah badai pusaran air tegak bendera
Ia t’lah gugur begitu jantan, ia pahlawan
Pengorbanannya patut dikenang, jasa-jasanya pantas dicatat
Taburkanlah kembang di atas kuburnya
Berbelasungkawa bagi pahlawan
Ia t’lah gugur begitu jantan, ia pahlawan
Pengorbanannya patut dikenang, jasa-jasanya pantas dicatat
Taburkanlah kembang di atas kuburnya
Berbelasungkawa bagi pahlawan
Posting Komentar