Alt/Text Gambar

Kamis, 13 September 2012

0 Ujian Nasional Batal Jadi Prasyarat SNMPTN 2012

Date: Kamis, 13 September 2012 03.07
Category:
Author: Faisal Amirul Mukminin
Share:
Responds: 0 Comment
Ada wacana Ujian Nasional SMA atau UN/Unas SMA akan menjadi salah satu jalur masuk menuju gerbang perguruan tinggi Negeri (SNMPTN), tetapi ternyata wacana itu batal. Alasannya Panitia pusat seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) menolak menggunakan nilai ujian nasional (un) sebagai satu-satunya acuan untuk menerima mahasiswa baru.

Saya pun lega mendengar berita ini. Menurut saya Ujian Nasional dan SNMPTN itu jauh berbeda, perbedaannya selain pada tingkat kesulitan juga pada tujuan Ujian Nasional dan SNMPTN. Tujuan Ujian Nasional adalah untuk evaluasi kemampuan siswa selama menempuh bangku sekolah, sedangkan SNMPTN bertujuan untuk menseleksi siswa-siswa terbaik yang berhak masuk PTN.

Artinya, SNMPTN biar pun nilai siswa itu 90, tetapi jika ada siswa yang memiliki nilai 100, maka yang 100 lah yang paling berhak. Lain cerita dengan Ujian Nasional, biar pun siswa satu sekolah mendapat nilai 60, mereka tetap lulus asalkan melewati batas minimal kelulusan Ujian Nasional

SNMPTN 2012

Alasan Ujian Nasional Tidak Dijadikan Prasyarat Ikut SNMPTN 2012

Sekretaris SNMPTN Prof Rochmat Wahab mengatakan, nilai unas selama ini memang dijadikan prasyarat masuk PTN. Siswa yang tidak lulus unas tidak bisa mendaftar ke universitas negeri meski dinyatakan sudah diterima lewat jalur undangan. “Selama ini, (nilai) unas merupakan prasyarat menjadi peserta SNM PTN. Tetapi, untuk lolos tidaknya, tetap harus tes tulis,” katanya kemarin (21/1).
Pertimbangannya, terang dia, validitas hasil Ujian Nasional hingga kini masih diragukan mengingat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kerap merilis wilayah yang tingkat kejujurannya rendah. Menurut dia, nilai siswa Jogja yang masuk kategori tinggi tingkat kejujuran tidak bisa dibandingkan dengan nilai siswa dari wilayah yang masuk daftar hitam.
Selain itu, sering dijumpai siswa lulus UN dengan nilai tinggi di suatu daerah, tetapi ternyata prestasinya tidak berbanding lurus ketika mendaftar di SNMPTN. Karena itu, Rochmat mengatakan, panitia menetapkan nilai unas hanya digunakan pendataan siswa yang lulus untuk mendaftar SNM PTN. “Kalau tidak lulus unas, ya tidak boleh daftar SNMPTN. Tapi, kalau lulus, silakan ikut ujian dulu,” tegas dia.
Dengan kabar tersebut, jelas bahwa untuk tahun 2012 pola SNMPTN tetap sama dengan tahun 2011 lalu. Pendaftaran SNMPTN jalur undangan sendiri akan dibuka pada tanggal 1 Ferbruari 2012 hingga 8 Maret 2012. Yang hasil SNMPTN Undangan 2012 akan diumumkan pada tanggal 25 Mei mendatang.

Artikel Terkait :



Posting Komentar