Alt/Text Gambar

Minggu, 02 September 2012

0 Korupedia: Situs Enslikopedia Korupsi Indonesia.

Date: Minggu, 02 September 2012 01.39
Category:
Author: Faisal Amirul Mukminin
Share:
Responds: 0 Comment
kali ini w bakal nge-share ke kalian info tentang Korupedia: Situs Enslikopedia Korupsi Indonesia. Para pejabat, anggota dewan, dan kepala daerah yang ingin korupsi mulai saat ini mungkin harus berfikir dua kali. Sebab jika mereka suatu saat tertangkap tangan sebagai koruptor, maka akan diabadikan di ensiklopedia korupsi IndonesiaKorupedia. Seperti apa?
Korupedia
Korupedia

Korupedia: Situs Enslikopedia Korupsi Indonesia

Ya, situs ini akan melacak, mengabadikan foto, data diri, dan keluarga para koruptor dari seluruh Indonesia. Korupedia.org dibangun oleh sejumlah aktivis anti korupsi di negeri ini. Yang menarik dari situs ini adalah adanya peta korupsi Indonesia.
Dalam peta tersebut, Anda akan menjumpai beberapa titik lokasi korupsi di wilayah yang tersebar di Indonesia lengkap dengan nama kasus, koruptor, dan informasi data. Lantas apa sebenarnya tujuan dari situs Korupedia ini?
“Kami risau, hukum untuk menjerat koruptor belum efektif, putusan pengadilan seringkali rendah, yaitu di bawah dua tahun, pelaku-pelakunya taraf kecil, dan sanksi sosial tidak ada,” ujar Teten Masduki, salah satu pemrakarsa Korupedia, seperti dikutip dari Radio Nederland, Senin (18/06/12).
Korupedia: Situs Enslikopedia Korupsi Indonesia, Teten Masduki melanjutkan, jika nantinya Korupedia akan mengabadikan mereka (koruptor). Langkah ini sama halnya dengan mencatat ‘jasa’ para pahlawan negara. Pertanyaan selanjutnya, apakah dengan situs ini para koruptor akan jera berkorupsi?
Jika jera mungkin tidak. Namun dengan tekanan lewat media sosial dan situs ini akan memberikan sanksi sosial terhadap mereka dan menekan KPK serta intitusi terkait dalam memercepat kasus tersebut.
Yang aneh dari situs ini, selang seminggu setelah diluncurkan, jumlah pengakses dan peng-hack situs ini hampir sama jumlahnya. Hal ini juga ditemukan di situs korupsi serupa di India dan Afghanistan. Anda pasti tahu jawabannya mengapa hal tersebut bisa terjadi.

Artikel Terkait :



Posting Komentar